6+ Struktur Novel Beserta Pengertian dan Penjelasannya [Terlengkap]

6+ Struktur Novel Beserta Pengertian dan Penjelasannya [Terlengkap]

Struktur novel – Novel adalah karya fiksi berupa cerita yang menonjolkan karakter dan perwatakan. Terdapat beberapa ciri-ciri novel seperti dari jumlah kata dan plot cerita. Selain itu terdapat struktur-struktur novel meliputi abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi dan koda.

Pengertian novel adalah karangan prosa yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang disekitarnya serta menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Novel menjadi karya sastra yang populer karena menghadirkan jalan cerita yang seru dan menarik.

Beberapa ciri-ciri novel misalnya memiliki jumlah kata lebih dari 10 ribu serta jumlah halaman lebih dari 100. Novel memang memiliki jalan cerita yang panjang dan butuh waktu berjam-jam untuk membacanya dari awal sampai habis.

Sebuah novel juga memiliki struktur tertentu. Struktur novel terdiri dari bagian-bagian yang ada pada novel, misalnya tahap pemunculkan konflik atau orientasi hingga tahap penyelesaian masalah atau resolusi. Apa sajakah struktur pada novel?

(baca juga unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen)

struktur novel

Struktur Novel

Berikut ini akan dijelaskan struktur-struktur novel dan pengertiannya meliputi abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda.

Abstrak

Struktur novel yang pertama adalah abstrak. Pengertian abstrak pada novel merupakan bagian ringkasan isi cerita novel. Biasanya abstrak dapat ditemui pada bagian awal cerita dalam novel tersebut. Abstrak memberi gambaran ringkas pada pembaca mengenai isi cerita novel.

Orientasi

Struktur teks novel berikutnya adalah orientasi. Pengertian orientasi pada novel merupakan bagian penjelasan mengenai latar waktu dan suasana. Pada bagian ini bisa berupa terjadinya cerita, permunculan konflik atau pembahasan penokohan atau perwatakan tokoh.

Komplikasi

Komplikasi juga termasuk salah satu struktur dalam novel. Pengertian komplikasi pada novel merupakan urutan kejadian yang dihubungkan oleh sebab akibat, dimana setiap peristiwa terjadi karena adanya sebab dan mengakibatkan munculnya peristiwa yang lainnya.

Evaluasi

Berikutnya ada evaluasi yang juga menjadi salah satu struktur teks novel. Pengertian evaluasi pada cerita novel merupakan bagian dimana konflik yang terjadi pada tahap komplikasi terarah menuju suatu titik tertentu. Dalam tahap ini, konflik pada novel mulai mereda sedikit demi sedikit.

Resolusi

Resolusi merupakan bagian dalam novel yang memunculkan solusi atas konflik yang sedang terjadi. Pada tahap ini konflik yang terjadi sepanjang cerita novel akan menemui tahap penyelesaian dengan solusi tertentu. Resolusi juga termasuk salah satu struktur dalam novel.

Koda

Struktur novel terakhir adalah koda. Apa itu koda? Secara umum pengertian koda pada novel merupakan bagian akhir atau penutup cerita dalam novel. Artinya koda menjadi bagian penutup akhir dari sebuah novel setelah cerita yang panjang.

Nah demikian pembahasan mengenai struktur novel beserta pengertiannya. Secara umum struktur unsur novel terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda. Sekian pembahasan struktur teks novel kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar