Perbedaan Cerpen dan Novel Beserta Penjelasannya Secara Lengkap

Perbedaan Cerpen dan Novel Beserta Penjelasannya Secara Lengkap

Apa perbedaan cerpen dan novel? Keduanya sama-sama merupakan sebuah karangan cerita fiksi, namun baik cerpen dan novel memiliki banyak perbedaan baik dari segi tema, alur cerita, setting, penokohan dan konflik yang ditampilkan dalam cerita.

Pengertian cerpen adalah singkatan dari cerita pendek yang ringkas dan menceritakan tokoh dengan konflik beserta penyelesaiannya. Sedangkan pengertian novel adalah karangan prosa yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak tiap tokoh.

Terdapat perbedaan cerpen dan novel yang cukup signifikan. Secara umum cerita pada cerpen lebih pendek, singkat dan ringkas dengan plot cerita yang bersifat tunggal dan sederhana. Sedangkan novel lebih panjang, kompleks dengan alur yang rumit dan banyak.

(baca juga unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen)

perbedaan cerpen dan novel

Perbedaan Cerpen dan Novel

Berikut akan dijelaskan perbedaan cerpen dan novel selengkapnya, meliputi unsur jumlah kata, tema, plot cerita, tokoh, penokohan serta konflik yang ada pada cerita.

Jumlah Kata

Salah satu perbedaan novel dan cerpen yang utama adalah jumlah katanya. Cerpen adalah cerita pendek, sehingga diperkirakan maksimal menggunakan 10 ribu kata. Sementara novel lebih panjang lagi dan jumlah katanya lebih banyak dibandingkan cerpen.

Tema

Unsur tema pada cerpen dan novel sangat berbeda. Pada cerpen, tema yang diangkat umumnya adalah masalah-masalah yang sederhana sehingga alurnya mudah ditebak. Pada novel, tema yang diangkat menjadi lebih kompleks dan rumit dibandingkan cerpen.

Alur Cerita

Alur cerita antara cerpen dan novel juga sangat berbeda. Pada cerpen, plot ceritanya tunggal dan sederhana dengan ruang gerak sempit dan terbatas. Sedangkan plot cerita pada novel cenderung lebih rumit, dinamis dan lebih kompleks, kadang memiliki alur yang bercabang.

Jumlah Tokoh

Tokoh yang ada pada cerpen dan novel cenderung berbeda pula. Jumlah tokoh pada cerpen lebih sedikit, hanya terdiri dari beberapa tokoh saja. Sementara tokoh-tokoh dalam novel jumlahnya lebih banyak dengan beragam karakter dan penokohan.

Latar

Perbedaan novel dan cerpen juga ada pada latar atau settingnya. Pada cerpen, latar cerita sangat terbatas, singkat dan tidak terlalu banyak. Sedangkan pada novel, latar atau settingnya lebih luas dan banyak, bahkan untuk latar tempat bisa mencakup lintas negara, sedangkan latar waktunya bisa berlangsung bertahun-tahun.

Penokohan/Perwatakan

Pada novel dan cerpen memiliki karakteristik penokohan atau perwatakan yang berbeda. Di cerpen, penokohan lebih sederhana, jelas dan biasanya langsung diungkap. Sementara pada novel, unsur perwatakan ini tidak langsung diungkap, melainkan baru diketahui secara perlahan seiring berjalannya cerita.

Konflik

Perbedaan novel dan cerpen berikutnya adalah dari segi konflik cerita. Cerpen hanya ada 1 konflik utama pada 1 titik klimaks di akhir cerita. Sedangkan konflik di novel lebih banyak jumlahnya, bisa lebih dari satu hingga memiliki banyak titik klimaks, tidak hanya di akhir tapi juga di tiap bagian cerita.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan cerpen dan novel beserta penjelasan lengkapnya. Cerpen dan novel memang sama-sama karya fiksi namun keduanya cukup berbeda jika dilihat dari unsur-unsur pembentuknya.

Tinggalkan komentar