Pengertian Sastra Menurut Para Ahli dan Secara Umum Lengkap

Pengertian Sastra Menurut Para Ahli dan Secara Umum Lengkap

Pengertian sastra menurut para ahli – Apa itu sastra? Kita mungkin sering mendengar kata sastra, namun tahukah kamu apa itu arti sastra. Pengertian sastra secara umum bisa diartikan sebagai sebuah tulisan yang memiliki seni dan keindahan. Namun faktanya definisi sastra lebih luas dari itu dan mencakup hal-hal lain pula seperti kaidah bahasa dan estetika.

Karya sastra bisa kita jumpai sehari-hari. Contoh sastra misalnya adalah pantun, puisi atau cerita pendek (cerpen). Musik yang biasa kita dengarkan juga mengandung sastra yang terwakili oleh syair dan lirik lagu. Sastra pun tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Kesusastraan juga bisa dibagi menurut wilayah geografisnya, misalnya sastra Indonesia, sastra Inggris, sastra Prancis, sastra China, sastra Arab dan sebagainya. Selain fungsi estetis, karya sastra juga memiliki fungsi religius dan fungsi moralitas.

pengertian sastra menurut para ahli

Pengertian Sastra

Di bawah ini akan kami bagikan info mengenai pengertian sastra secara umum dan menurut para ahli.

Pengertian Sastra Secara Umum

Berikut merupakan pengertian sastra secara umum dikutip menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan situs Wikipedia Indonesia.

Menurut KBBI

Pengertian sastra menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki beberapa makna, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab
  2. kesusastraan
  3. kitab; pustaka; primbon
  4. tulisan; huruf

Menurut Wikipedia

Pengertian sastra menurut Wikipedia merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta yang berarti “teks yang mengandung instruksi” atau “pedoman”. Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada kesusastraan atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

Pengertian Sastra Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga memiliki pendapat mengenai definisi sastra, baik ahli di era dulu atau pun di era sekarang, dari Indonesia atau dari luar negeri. Berikut merupakan beberapa pengertian sastra menurut para ahli.

Menurut Plato

Sastra adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan. Oleh karena itu, nilai sastra semakin rendah dan jauh dari dunia ide.

Menurut Aristoteles

Sastra sebagai kegiatan lainnya melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat.

Menurut Mursal Esten

Sastra atau Kesusastraan adalah pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia. (dan masyarakat) melalui bahasa sebagai medium dan memiliki efek yang positif terhadap kehidupan manusia (kemanusiaan).

Menurut Semi

Sastra. adalah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai mediumnya.

Menurut Sapardi

Memaparkan bahwa sastra itu adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium. Bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. Sastra menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan social.

Menurut Panuti Sudjiman

Sastra sebagai karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi, dan ungkapanya.

Menurut Ahmad Badrun

Kesusastraan adalah kegiatan seni yang mempergunakan bahasa dan garis simbol-simbol lain sebagai alai, dan bersifat imajinatif.

Menurut Eagleton

Sastra adalah karya tulisan yang halus adalah karya yang mencatatkan bentuk bahasa. harian dalam berbagai cara dengan bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan, dipanjangtipiskan dan diterbalikkan, dijadikan ganjil.

Menurut Mukarovsky, E. E. Cummings dan Sjklovski

Sastra adalah karya fiksi yang merupakan hasil kreasi berdasarkan luapan emosi yang spontan yang mampu mengungkapkan aspek estetik baik antara aspek kebahasaan maupun aspek makna.

Menurut Tarin

Definisi sastra adalah obyek dari gejolak emosional penulis dalammengungkapkan, seperti perasaan sedih, frustasi, gembira, dan sebagainya.

Menurut Sumarno

Sastra merupakan pengalaman ekspresi pribadi manusia berupa, pikiran, perasaan, ide, semangat, iman, dalam bentuk gambar yangmembangkitkan tarik beton dengan alat bahasa.

Menurut Wellek dan Warren

Menurut Wellek dan Warren, arti sastra adalah suatu kegiatan kreatif, sederetan karya seni.

Menurut Lefevere

Menurutnya, definisi sastra adalah deskripsi pengalaman kemanusiaan yang memiliki dimensi personal dan sosial sekaligus serta pengetahuan kemanusiaan yang sejajar dengan bentuk hidup itu sendiri.

Menurut Robert Scholes

Menurut Robert Scholes, pengertian sastra itu tentu saja adalah sebuah kata, bukan sebuah benda

Menurut Saini

Arti sastra menurut Saini merupakan pengalaman ekspresi pribadi manusiaberupa, pikiran, perasaan, ide, semangat, iman, dalam bentuk gambar yang membangkitkan tarik beton dengan alat bahasa.

Menurut Taum

Sastra adalah karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif” atau “sastra adalah penggunaan bahasa yang indah dan berguna yang menandakan hal-hal lain”.

Menurut Damono

Menurut Damono, kehidupan sastra menampilkan gambaran, dan kehidupan itu sendiri adalah realitas sosial. Dalam pengertian ini, kehidupan mencakuphubungan antar-masyarakat, antar-masyarakat dan individu, interpersonal, dan antar peristiwa terjadi dalam batin seseorang.

Menurut Suyitno

Pengertian sastra menurut Suyitno adalah sesuatu yang imajinatif, kreatif dan juga fiktif dan harus melayani dapat dipertanggungjawabkan.

Ciri-Ciri Sastra

Ada beberapa ciri dan unsur-unsur sastra. Berikut adalah 3 ciri utama dari sebuah karya sastra :

  1. Isinya itu menggambarkan manusia dengan berbagai persoalannya
  2. Bahasanya yang indah atau juga tertata baik
  3. Gaya penyajiannya yang menarik yang berkesan dihati pembacanya maupu pendengarnya

Fungsi Sastra

Sebuah karya sastra juga memiliki tujuan dan fungsi. Apa sajakah fungsi sastra? Berikut ini adalah fungsi fungsi sastra secara umum :

  1. Fungsi rekreatif ialah sastra yang memberikan kesenengan atau juga hiburan bagi pembacanya dan juga pendengarnya
  2. Fungsi didaktfi ialah sastra yang memberikan suatu wawasan pengetahuan tentang seluk-beluk kehidupan manusia bagi pembaca dan juga pendengernya
  3. Fungsi estetis ialah suatu sastra yang mampu untuk memberikan keindahan pembaca dan juga pendengarnya
  4. Fungsi moralitas ialah sastra yang memberikan pengetahuan bagi pembaca dan pendengarnya tentang moral yang baik serta buruk.
  5. Fungsi religius ialah suatu sastra yang menghadirkan karya yang didalamnya mengandung terkandung ajaran agama yang diteladani oleh pembacanya dan pendengarnya.

Nah itulah pengertian sastra secara lengkap, baik definisi menurut para ahli serta artinya secara umum. Sastra adalah hasil karya seni yang berkaitan dengan tulisan dan bahasa. Kita pun bisa menemui karya sastra di kehidupan sehari-hari kita.

Tinggalkan komentar