10 Ciri-Ciri Syair dan Macam-Macam Syair Lengkap (+Penjelasan)

10 Ciri-Ciri Syair dan Macam-Macam Syair Lengkap (+Penjelasan)

Pengertian syair menurut KBBI adalah puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan bunyi yang sama. Syair adalah salah satu jenis puisi dengan unsur-unsur tertentu. Ada beberapa ciri-ciri syair yang membedakan syair dengan karya sastra lain seperti pantun, gurindam atau puisi itu sendiri.

Orang yang membuat dan membacakan syair disebut penyair. Syair ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu hal yang panjang, seperti cerita, agama, cinta, nasihat, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadikan bait dalam suatu syair ini sangat banyak dan panjang.

Syair juga memiliki banyak jenis tergantung temanya, sebut saja seperti syair agama, syair romantis, syair sejarah, syair pendidikan, syair nasihat dan lain-lain. Terdapat juga ciri-ciri syair secara umum sesuai kaidah kesustraaan bahasa Indonesia.

(baca juga jenis-jenis puisi)

ciri-ciri syair

Ciri-Ciri Syair

Saat ini ada sekitar 10 ciri-ciri syair sesuai kaidah sastra yang ada. Ciri-ciri ini juga menjadi dasar perbedaan syair dan pantun atau karya sastra lain. Berikut akan dijelaskan ciri-ciri syair dan pembahasannya secara lengkap.

1. Terdiri dari 4 baris

Baris menjadi unsur syair yang cukup penting. Pada tiap syair, biasanya terdiri dari 4 baris atau larik yang ada pada tiap baitnya.

2. Tiap baris terdiri dari 8-14 suku kata

Dalam tiap baris syair, biasanya terdiri dari 8 sampai 14 suku kata. Artinya jika diperkirakan ada sekitar 4 sampai 6 kata per barisnya.

3. Memiliki sajak a-a-a-a

Sajak adalah bunyi vokal di bagian akhir tiap barisnya. Syair memiliki sajak a-a-a-a, artinya tiap 4 baris memiliki bunyi vokal yang sama di akhir baris.

4. Bait memberi arti satu kesatuan

Dalam setiap bait syair, memberi arti sebagai satu kesatuan. Artinya antara baris 1 dengan baris berikutnya ada sebuah keterkaitan satu sama lain.

5. Semua baris adalah isi

Syair ini tidak mempunyai sampiran seperti yang ada pada pantun. Artinya di dalam syair, semua baris mengandung isi dan makna syair.

6. Makna syair ditentukan bait selanjutnya

Pada syair, tiap baris adalah isi dan makna syair itu sendiri. Makna dari syair pada suatu bait ditentukan oleh bait-bait yang ada selanjutnya.

7. Menggunakan bahasa kiasan

Bahasa dan kata yang digunakan pada syair tidak menggunakan bahasa yang langsung, melainkan dengan menggunakan bahasa kiasan.

8. Isi berupa nasihat atau cerita

Ada beberapa jenis isi dari syair. Isi syair antara lain biasanya yaitu berupa nasihat atau petuah serta cerita atau dongeng masa lalu.

9. Irama di tengah baris

Pada syair, biasanya irama terjadi pada setiap pertengahan baris. Hal ini berarti irama terjadi antara tiap 4 sampai 6 suku kata.

10. Memiliki banyak jenis

Syair juga memiliki banyak macam jenis. Jenis-jenis syair tergantung pada tema dan isi kandungan dari syair yang dibacakan tersebut.

Macam-Macam Syair

Ada beberapa jenis-jenis syair. Pembagian syair ini didasarkan pada tema dan isi kandungannya. Berikut macam-macam syair yang sering digunakan saat ini.

  • Syair Agama
  • Syair Panji
  • Syair Kiasan
  • Syair Pendidikan
  • Syair Sejarah
  • Syair Romantis
  • Syair Nasihat
  • Syair Persahabatan

Nah demikiankah pembahasan ciri-ciri syair dan penjelasan lengkapnya. Artikel di atas juga membahas mengenai pengertian syair dan macam-macam syair secara umum. Semoga bisa jadi referensi.

Tinggalkan komentar