8+ Ciri-Ciri Novel Beserta Penjelasan, Karakteristik dan Contohnya

8+ Ciri-Ciri Novel Beserta Penjelasan, Karakteristik dan Contohnya

Ciri-ciri novel – Novel merupakan karya sastra fiksi dalam bentuk cerita yang menonjolkan watak dan karakter. Novel memiliki cerita yang seru dan panjang. Terdapat pula beberapa karakteristik dan ciri-ciri novel yang meliputi jumlah kata, jumlah halaman, plot cerita dan unsur-unsur novel lainnya.

Pengertian novel adalah karya fiksi yang berbentuk prosa yang ditulis secara naratif dalam bentuk cerita. Ada beberapa unsur-unsur novel. Unsur intrinsik novel meliputi tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat.

Sementara unsur ekstrinsik novel adalah unsur biografi, unsur sosial dan unsur nilai. Selain itu terdapat pula beberapa ciri-ciri novel, dimana karakteristik tersebut yang menjadi dasar perbedaan novel dan cerpen atau dengan karya sastra lainnya.

(baca juga ciri-ciri gurindam)

ciri-ciri novel

Ciri-Ciri Novel

Di bawah ini akan dijelaskan ciri-ciri novel yang menjadi karakteristik utama novel dari segi unsur-unsur atau keterangan lain selengkapnya.

1. Jumlah kata lebih dari 10 ribu

Ciri-ciri novel yang utama adalah dari jumlah katanya. Umumnya novel memiliki jumlah kata lebih dari 10 ribu. Jika kurang dari itu, maka masuk dalam kategori cerita pendek atau cerpen. Ada pula sumber lain yang mengatakan bahwa jumlah kata novel harus lebih dari 35 ribu kata.

2. Lebih dari 100 halaman

Novel juga memiliki jumlah halaman yang banyak. Biasanya sebuah novel harus memiliki jumlah halaman lebih dari 100 halaman. Hal ini membuat novel memiliki halaman yang tebal, bahkan ada pula novel dengan jumlah halaman mencapai ribuan.

3. Butuh waktu membaca minimal 2 jam

Novel adalah karya sastra yang untuk membacanya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Umumnya dibutuhkan minimal 2 jam atau 120 menit untuk membaca keseluruhan novel. Jika halaman novel lebih banyak lagi, maka dibutuhkan waktu berjam-jam agar bisa habis membaca semua cerita novel.

4. Memiliki alur cerita kompleks

Ciri-ciri novel berikutnya adalah memiliki plot cerita yang kompleks. Artinya novel memiliki alur cerita yang rumit dan tidak sesederhana alur tunggal pada cerpen. Ada beberapa plot, bisa bercabang dan berkaitan satu sama lain yang membuat cerita novel lebih seru.

5. Memiliki skala cerita yang luas

Karakteristik novel lainnya adalah memiliki skala cerita yang luas, lebih luas dibandingkan cerita pendek (cerpen). Artinya skala cerita lebih luas dan lebih besar, bisa dari segi latar yang digunakan atau jumlah tokoh dan penokohan dalam cerita.

6. Ditulis dengan narasi dan didukung dengan deskripsi

Ciri-ciri novel berikutnya yang khas adalah biasanya novel ditulis menggunakan narasi atau penjelasan yang kemudian didukung dengan deskripsi yang berfungsi untuk menggambarkan suasana kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi.

7. Bersifat realistis

Novel memiliki sifat yang realistis yang menjadi salah satu unsur-unsur novel. Novel bersifat realistis karena pengarang yang lebih tahu menahu dengan situasi yang digambarkan pada novel tersebut. Penulis novel menjadi yang paling tahu dengan keadaan dalam novel.

8. Ceritanya lebih dari satu impresi, efek dan emosi

Ciri-ciri novel selanjutnya adalah memiliki lebih dari satu impresi, efek dan emosi dalam ceritanya. Artinya pembaca akan merasakan berbagai impresi dan emosi saat membaca cerita novel, baik itu senang, sedih, marah, terkejut, iba dan lain sebagainya.

Nah itulah 8 ciri-ciri novel beserta pengertian lengkapnya. Ada beberapa ciri-ciri dan karakteristik novel yang menjadi dasar perbedaan novel dan cerpen atau dengan karya sastra lainnya. Sekian penjelasan ciri-ciri novel kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan.

Tinggalkan komentar